Ads 468x60px

Senin, 13 Februari 2012

Ford GT




Ford GT, mobil super bergaya retro, segera diproduksi. Akhir September lalu, mobil ini dibawa di Indianapolis Motor Speedway. Wartawan koran ini, Azrul Ananda, saat itu juga di sana untuk meliput Grand Prix Amerika Serikat. Seperti apakah mobil yang disebut sebagai penakluk Ferrari itu?
Sekilas, Ford GT tampak seperti mobil kuno. Ada benarnya, ada salahnya. Bentuknya memang sangat mirip dengan Ford GT40, mobil super keluaran pertengahan 1960-an. Bahkan, bentuk interiornya pun mirip. Namun, Ford GT bukanlah mobil kuno. Bahkan, mobil ini bisa segera jadi mobil jalanan tercepat. Menaklukkan Ferrari, mempermalukan Lamborghini.
Dalam sejarahnya, Ford GT40 memang dirancang untuk menaklukkan mobil-mobil sport Italia. Dulu Ford punya mimpi tampil di balap 24 Jam Le Mans, Prancis, dan mempermalukan Ferrari. Mimpi itu jadi kenyataan, empat tahun berturut-turut! Dari 1966 hingga 1969.
Kini, mimpi itu kembali. Ford GT versi konsep muncul tahun 2002, dan langsung mendapat sambutan hangat. William Clay Ford, CEO perusahaan mobil Amerika itu, langsung memerintahkan anak buahnya untuk segera memproduksi mobil ini. Targetnya, mobil itu mulai dijual awal 2004.
Tahun 2003 memang belum berakhir. Namun, Ford makin siap memproduksi mobil ini. Hingga sekarang, sebanyak tiga prototipe telah dibangun. Akhir September lalu, saat dilangsungkannya Grand Prix Amerika Serikat, salah satu prototipenya diboyong ke Indianapolis Motor Speedway (IMS). Di sana, mobil ini diperkenalkan kepada kalangan Formula 1.
Sayangnya, mobil ini tak boleh di-test drive. Bahkan Giancarlo Fisichella, pembalap Jordan-Ford di F1, hanya bisa duduk-duduk di dalamnya. Dia hanya "dimanfaatkan" untuk kebutuhan publisitas. Berdiri di samping, duduk di dalam, hanya untuk difoto.
Seberapa hebatkah mobil ini? Khas Amerika, mobil ini menggunakan mesin V8 silinder, 5.409 cc. Tak heran, power yang dihasilkan pun mencapai 500 tenaga kuda.
Ford yakin mobil ini bisa mengalahkan Ferrari 360 Modena. Bahkan, Ferrari itulah target utama pembuatan Ford GT. "Kami yakin bisa mengalahkan Ferrari lagi," kata Neil Ressler, mantan bos Ford yang kini jadi konsultan desain Ford GT. Caranya? Bukan hanya dengan mesin perkasa. Meski tampangnya kuno, Ford GT memiliki sasis yang ringan. Strukturnya mirip Ferrari 360, menggunakan bahan aluminium. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar