Ads 468x60px

Senin, 13 Februari 2012

Rawat Rem Motor

Saat ini bisa dikatakan hampir seluruh wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Artinya jalanan sering basah dan menimbulkan kotoran seperti lumpur. Membuat biker harus lebih sering bersih-bersih motor.

Kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya untuk gaya-gayaan atau fashion. Tapi,  bisa juga untuk menghindari celaka. Kok bisa?

Iya, ternyata kotoran yang mengedap akan merusak kinerja beberapa onderdil dan komponen motor. Salah satunya adalah per dan rem belakang. Khususnya pada motor yang masih menggunakan rem tromol.

Jika ada kotoran yang menumpuk lama, kerja mekanisnya akan terganggu. Begitu tuas rem ditekan dan kemudian dilepas, rem tetap  mengunci.

Pernah ada satu kasus dimana roda belakang motor tiba-tiba mengunci dan tidak bisa diputar sama sekali. Setelah diperiksa ternyata kabel rem normal, alias tidak putus. Belakangan baru ditemukan kalau rem tidak bisa balik karena tertahan lumpur yang telah mengkeras. 

Oleh karena itu bagian tersebut harus sering dibersihkan supaya kotoran tidak lama menempel. Membersihkannya mudah kok. Kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan sikat.

Yuk rawat rem motor kamu agar tidak berakibat fatal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar